ISO 22000

ISO 22000 merupakan sebuah standar yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization yang berhubungan dengan keamanan pangan. Pada dasarnya, standar ini merupakan standar turunan dari ISO 9000.
Banyak yang beranggapan bahwa dengan sudah menerapkan HACCP  (Hazard Analysis & Critical Control Point) maka kita sudah memenuhi jaminan keamanan pangan secara total. Pernyataan ini tidak sepenuhnya bisa disalahkan, karena memang pada HACCP, keamanan pangan menjadi isu utama. Segala titik kritis, dari rantai produksi/proses pembuatan pangan diteliti apakah bisa memberikan dampak/bahaya terhadap pangan tersebut. Baik dari segi fisik, kimia atau biologis.



ISO 22000 ini memberikan harmonisasi internasional dalam bidang standar keamanan pangan, menawarkan mekanisme skematik untuk menerapkan HACCP di seluruh rantai pasokan makanan. Jadi ISO 22000 bisa melengkapi apa yang selama ini menjadi gap antara jaminan mutu ISO 9001 dengan kemanan pangan HACCP. Nah, ISO 22000 itu mengisi ditengah-tengahnya.


Manfaat ISO 22000 :

1. Menjamin keamanan produk yang dihasilkan industri
2. Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan
3. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi
4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
5. Menjamin sistem perbaikan yang berkesinambungan
6. Sebagai media untuk pengambilan keputusan yang faktual
7. Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

Komentar

Postingan Populer